wisata

Mengupas Seribu Keindahan Kepulauan Seribu

 

Kepulauan Seribu, terletak di utara Jakarta. Jujur, aku belum pernah pergi ke tempat itu, hanya mendengar keindahannya dari mulut orang-orang yang sudah pernah kesana, hanya melihat dari media internet dengan foto dan videonya, hanya bisa membayangkan apa yang menjadi keindahan di dalamnya.

 

Mengupas keindahan alam wisata kepulauan seribu pulau tidung pramuka ayer bidadari kotok pantara

Gambaran Umum
Kepulauan Seribu, memiliki jumlah pulau sekitar 342 buah termasuk pulau-pulau yang berbentuk gundukan pasir dan terumbu karang dengan total luas wilayah daratan sebesar 8,7 km². Secara astronomis, wilayah yang terletak antara 5°24’ – 5°45’ LS, 106°25’ – 106°40’ BT dan secara geografis, sebelah utara berbatasan langsung dengan Laut Jawa dan Selat Sunda, Sebelah Timur berbatasan dengan Laut Jawa, sebelah Barat berbatasan dengan Laut Jawa dan Selat Sunda sedangkan sebelah Selatan berbatasan dengan kecamatan Cengkareng, Penjaringan, Tanjung Priok, Pademangan, Koja, Cilincing dan Tangerang. Kepulauan Seribu mempunyai 11 pulau utama yaitu Pulau Kelapa, Pulau Kelapa Dua, Pulau Panggang, Pulau Harapan , Pulau Pramuka, Pulau Tidung, Pulau Besar, Pulau Payung Besar, Pulau Pari, Pulau Untung Jawa, Pulau Lancong Besar dan Pulau Sebira. Secara umum terdapat beberapa ekosistem utama pembentuk Kepulauan Seribu yaitu hutan pantai, hutan mangrove, padang lamun dan terumbu karang.

Flora dan Fauna

Keragaman hayati yang dimiliki oleh Indonesia merupakan suatu anugerah yang tak ternilai harganya, salah satunya yaitu Kepulauan Seribu. Jenis vegetasi yang dapat ditemukan di Kepulauan Seribu ialah pandan laut (Pandanus tectorius), butun (Barringtonia asiatica), cemara laut (Casuarina equisetifolia), mengkudu (Morinda citrifolia), sentigi (Pemphis acidula), ketapang (Terminalia Catappa) dan seruni (Wedelia biflora). Terdapat pula jenis-jenis mangrove antara lain Rhizophora stylosa Griff., Rhizophora apiculata Blume., Lumnitzera racemosa Willd., Xylocarpus granatum Koen., Xylocarpus molluccensis (Lam.) M. Roem., Xylocarpus rumphii (Kostel.) Avicennia marina (Forssk.) Vierh, Bruguiera gymnorrhiza (L.) Lam., dan Bruguiera cylindrica (L.) Blume. Selain mangrove, di kawasan Kepulauan Seribu terdapat jenis-jenis tumbuhan laut, diantarany ialah Jenis lamun yaitu Thalassia hemprichii (Ehrenb.) Asch., Enhalus acoroides (L.F.) Royle, Halophila ovalis (R. Brown) J.D. Hooker, Syringodium isoetifolium (Ascherson) Dandy, Halodule uninervis (Forsk.) Asch. Adapula jenis alga (rumput laut) yaitu 9 jenis alga hijau (Chlorophyta), 3 jenis alga coklat (Phaeophyta) dan 6 jenis alga merah (Rhodophyta).

Keindahan Alam dan Wisata

Berbagai keindahan alam dan tempat wisata yang beranekaragam yang dimiliki Kepulauan Seribu dapat dijadikan sebagai salah satu tujuan utama berlibur dengan dengan keluarga, teman, dan rekan kerja. Berikut akan di tampilkan beberapa tempat wisata yang terenal dan sering dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

1. Pulau Tidung. Berada di wilayah utara dari gugusan kepulauan Seribu ini merupakan obyek wisata yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan. Pulau ini sangat unik karena mempunyai jembatan yang indah dijuluki jembatan cinta. Keindahan panorama dan wisata bahari yang masih terjaga keasriannya menjadikan pulau ini sangat menarik di mata wisatawan. Terdapat permainan pantai yang lengkap untuk anak-anak, pelajar, mahasiswa bahkan orang dewasa juga dapat ikut bermain.

Mengupas keindahan alam wisata kepulauan seribu pulau tidung pramuka ayer bidadari kotok pantara

2. Pulau Pramuka. Bagi para pecinta keindahan bawah laut, berwisata ke pulau ini merupakan kewajiban yang harus dilakukan karena keindahan panorama bawah laut yang sangat indah dan beranekaragam. Anda dapat Snorkling dan Menyelam untuk menikmati keindahan Pulau Pramuka.

Mengupas keindahan alam wisata kepulauan seribu pulau tidung pramuka ayer bidadari kotok pantara

3. Pulau Ayer. Pulau dari Kepulauan Seribu yang dekat dengan Jakarta dan sangat bagus untuk tempat menginap dan bulan madu. Di tempat tersebut terdapat penginapan di darat dan di laut. Untuk sensasi bulan madu yang menggairahkan, Anda dapat memesan penginapan di laut.

Mengupas keindahan alam wisata kepulauan seribu pulau tidung pramuka ayer bidadari kotok pantara

4. Pulau Bidadari. Selain keindahan bahari dan panorama yang mengagumkan, di pulau Bidadari Anda dapat menikmati wisata sejarah, karena terdapat benteng peninggalan sejarah yang berdiri sejak tahun 1786 sejak jaman penjajahan Belanda. Benteng tersebut digunakan untuk berllindung yang dibuat oleh VOC.

Mengupas keindahan alam wisata kepulauan seribu pulau tidung pramuka ayer bidadari kotok pantara

5. Pulau Kotok. di Pulau ini terdapat pantai pasir putih dengan menawarkan wisata tropis alami dan juga terdapat Biawak yang jinak di pulau tersebut.

Mengupas keindahan alam wisata kepulauan seribu pulau tidung pramuka ayer bidadari kotok pantara

6. Pulau Pantara. Bagi para pecinta terumbu karang, disinalh tempatnya untuk Anda menyelam dan menikmati indahnya terumbu karang. Di Pulau Pantara juga terdapat olahraga yang sangat menarik yaitu Scuba Diving.

Mengupas keindahan alam wisata kepulauan seribu pulau tidung pramuka ayer bidadari kotok pantara

Dengan berbagai keindahan yang dipunyai oleh Kepulauan Seribu, maka pemerintah Indonesia menetapkan Kepulauan seribu menjadi Taman Nasional Kepuluan Seribu. Dengan berbagai peraturan yang ditunjukkan untuk menjaga kelestarian dan keindahan alam wisata yang ada di Kepulauan Seribu.

Kita sebagai warga Indonesia harus bangga dengan keindahan yang dimiliki dari sabang sampai merauke. Oleh karena itu kita sebagai warga Indoensia harus menjaga dan melestarikan warisan dunia yang tidak dimiliki oleh negara lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s