Aneka Makanan

Makanan Khas Jogja dan Jawa Timur.

Rawon Lezat dan Penuh Sensasi

 

RAWON dikenal masyarakat sebagai makanan khas dari khas Jawa Timur. Hanya saja, makanan serupa juga dikenal oleh masyarakat Jawa Tengah sebelah timur (Surakarta). Makanan Betawi di Jakarta juga ada yang mirip sekali dengan rawon, meski menggunakan ikan, yang dikenal dengan nama kuah pucung. Begitu juga di Pekalongan yang disebut garang asem. Sementara, penampilan serupa juga hadir di Makassar dengan nama palu kalua.

Ada banyak jenis rawon di Jawa Timur, namun ada satu yang khas, yaitu Rawon Malang nan gurih. Salah satu jenis Rawon Malang ini, di Surabaya yang cukup terkenal ada di Depot Rawon Malang MM.

Bagi Anda penikmat rawon istimewa ini dan tinggal di Jakarta tak perlu lagi jauh-jauh ke Malang, karena bisa pesan langsung di sini, via online.

Di sana Anda bisa menikmati berbagai jenis rawon malang yang lezat. Mulai Rawon Iga, Rawon Buntut, maupun Rawon Empal. Keistimewaan Rawon Empal selalu menggoda selera, karena aroma gurihnya yang begitu kental. Apalagi disajikan dengan potongan daging empal yang lembut plus sambal dan kecambah yang bikin sulit sekali untuk tidak tergoda olehnya.

Dibandingkan dengan rawon-rawon lainnya, tekstur kuah Rawon Malang begitu terlihat agak bening, karena terbebas dari endapan lemak dari rebusan daging sapi.

 
 

Brongkos Nikmat

 
Brongkos, makanan khas jogja yang sangat nikmat.

Brongkos adalah masakan khas Yogyakarta yang paling jarang merantau keluar daerahnya. Sepintas mirip rawon, namun lebih tebal kuahnya karena dimasak dengan santan, dan bumbu-bumbunya pun lebih lengkap. Kehadiran kacang tolo dan tahu di dalam sajian ini pun membuatnya makin berbeda dari rawon. 

Menurut saya, brongkos termasuk makanan yang mudah disukai (easy to like). Pertama, karena masakan berkuah membuatnya terasa segar, khususnya di alam tropis yang sering terik. Kedua, karena isinya terdiri dari daging sapi, kacang tolo, dan tahu yang memang merupakan bahan-bahan makanan populer yang disukai orang.

 
Kadang-kadang ada juga yang memasukkan telur rebus ke dalam masakan brongkos. Telur menjadi semakin padat karena direbus lama – mirip telur pindang – dan menyerap bumbunya yang gurih, sehingga menjadikan sajian ini lebih istimewa.
 
Pendamping yang cocok untuk brongkos adalah telur asin dan kerupuk kulit. Taburan bawang merah goreng yang renyah juga akan meningkatkan citarasa brongkos.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s