Kumpulan Tips

10 Tips Menjadi Pengusaha Sukses dan Kaya

10 Tips Menjadi Pengusaha Sukses dan Kaya

Baru-baru ini saya menemukan sebuah tips menyangkut kiat-kiat untuk bisa menjadi seorang pengusaha yang sukses. Mudah-mudahan tips ini bisa menjadi pelajaran khususnya buat saya sendiri aza deh :)

Setiap pengusaha pasti ingin memperoleh pendapatan hingga jutaan dolar Amerika Serikat (AS), atau miliaran rupiah dalam 5 tahun bisnisnya berjalan. Apa saja tips-tips penting untuk menggapai hal tersebut?

Dikutip dari Sydney Morning Herald, Rabu (22/5/2013), pengusaha asal Australia yaitu Rohan Gamble, Tristan Sternson, dan Paul Wilson telah memulai usaha mereka dari bawah hingga memperoleh pendapatan US$ 1 juta dolar pada 5 tahun pertama bisnisnya berjalan.

Gamble, menginvestasikan seluruh uangnya untuk memulai bisnis Mozo, yang membandingkan suku bunga dan biaya kartu kredit, pinjaman rumah, dan berbagai macam produk finansial.

Bisnis tersebut diluncurkan pada Oktober 2008, di tengah krisis keuangan global yang terjadi, namun sekarang bisnis tersebut menghasilkan omzet US$ 5 juta atau sekitar Rp 47,5 miliar.

Sementara Sternson, sukses lewat perusahaannya yaitu InfoReady yang dibangun sejak 2008. Perusahaan tersebut menawarkan informasi dan konsultasi dengan mempekerjakan 70 pegawai di Melbourne, Brisbane, dan Sydney. Saat ini, perusahaan tersebut telah memiliki omzet US$ 10 juta. Dengan melayani klien besar seperti Telstra dan Energex, InfoReady menargetkan pendapatan US$ 20 juta.

Lalu Wilson, mempunyai perusahaan digital bernama Blocks Global yang dalam 5 bulan mendapatkan pendapatan US$ 2 juta. Dalam 3 tahun, bisnis ini menghasilkan pendapatan US$ 5 juta hingga US$ 10 juta.

Belajar dari tiga orang pengusaha ini, ada 10 tips penting menjadi sukses dalam 5 tahun. Apa saja?

  1. Jangan kompromi terhadap kualitas hasil kerja. Biasanya di awal-awal memulai usaha kita sangat bersemangat, terkadang kita diuji untuk menjadi serakah, sehingga mengorbankan kualitas dari produk atau jasa yang kita jual. Padahal kualitas itu yang membangun merek atau hasil kerja kita, dan orang bakal balik ke kita apabila kita memberikan pekerjaan dengan kualitas terbaik.
  2. Tak ada perjalanan yang dimulai dan diakhiri di tempat yang sama. Siap-siap untuk memodifikasi atau bahkan meninggalkan rencana bisnis yang telah anda buat dengan kerja keras. Karena untuk bisa bertahan, anda harus sangat fleksibel untuk mengubah berbagai rencana.
  3. Fokus pada pekerjaan yang bisa Anda lakukan, dan berikan pekerjaan yang tidak bisa Anda lakukan kepada orang lain. Kemudian carilah perusahaan yang menyediakan sumber daya yang Anda butuhkan, serta berikan waktu dan ruang kepada perusahaan Anda untuk fokus mengerjakan hal-hal yang menjadi kekuatan anda.
  4. Berikan diri anda waktu untuk berpikir. Terdengar sederhana, namun banyak orang yang bekerja 60 jam per minggu dan tidak mempunyai waktu untuk mengulas kembali pekerjaan yang telah dilakukan dengan baik dan yang kurang baik. Karena tanpa refleksi tersebut, anda bisa terus melakukan kebiasaan buruk dalam pekerjaan anda.
  5. Terus melakukan riset dan selalu responsif. Sediakan waktu beberapa menit tiap hari untuk melakukan riset secara online terhadap kompetitor Anda untuk melihat apa yang mereka lakukan. Cobalah untuk terus berada satu langkah di depan, Gunakan data dan analisa sehingga bisa terus memperbaiki layanan Anda dan mengikuti tren yang ada.
  6. Jangan menerima semua tawaran. Memang cukup sulit untuk menolak semua proyek atau permintaan agar roda bisnis bisa terus berjalan. Tapi mengambil pekerjaan yang salah bisa menghambat pertumbuhan bisnis.
  7. Perbanyak hubungan. Lewat banyaknya rekan dan kenalan bisa mendorong pertumbuhan bisnis dan ekspansi.
  8. Percaya pada diri Anda. Pasti akan banyak orang yang meragukan Anda dan mengatakan bahwa Anda gila. Namun Anda harus tetap bertahan dan percaya pada diri Anda sendiri. Jangan terus menerus tenggelam mengira-ngira apakah tindakan Anda benar atau tidak.
  9. Tetap berkomitmen pada bisnis yang ideal. Ini akan sulit dan membuat stres, tapi jangan menyerah.
  10. Jangan bertaruh terlalu besar. Banyak pengusaha yang membuat kesalahan dengan berinvestasi pada sesuatu yang tidak mereka yakini bakal berhasil. Gunakan sedikit uang Anda untuk menguji apakah ide baru yang muncul bakal menguntungkan. Anda harus bisa membuktikan bahwa dengan modal US$ 1, anda bisa menghasilkan US$ 10.

Demikian tips-nya beserta contoh kasus yang ada, dan mudah-mudahan 1 dari 10 tips diatas (bahkan kalau bisa semuanya) bisa memberikan pelajaran yang sangat berarti untuk bisnis kita (terutama saya sendiri tentunya).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s