Kumpulan Tips / Uncategorized

Kebiasaan yang Bisa Menambah Berat badan

 7 Kebiasaan Yang Bisa Tambah Berat Badan

Foto

Punya berat badan seimbang pasti menjadi idaman semua orang. Selain indah dipandang, punya berat badan proporsional juga sehat. Tapi buat banyak orang, tak mudah memiliki berat badan seimbang.

Bisa jadi, karena kegiatan sehari-hari mereka justru tidak menunjang upaya mencapai berat badan ideal itu.

Foto
Berikut adalah sejumlah kebiasaan buruk yang berpotensi menjauhkan Anda dari mimpi mencapai berat badan seimbang:

1. Hanya makan makanan bebas lemak
Hanya mengkonsumsi makanan bebas lemak, justru membuat asupan lemak berbahaya di tubuh Anda diganti dengan karbohidrat rendah. Karbohidrat ini dicerna di tubuh anda dengan ekstra cepat, sehingga Anda jadi cepat lapar. Hasilnya? Anda makan dan makan lagi.

2. Merasa tahu dan enggan berkonsultasi dengan ahli gizi
Sebenarnya, seorang ahli gizi dapat membimbing Anda dengan baik tentang bagaimana cara mengatur pola makan. Mereka dapat membantu anda menjadi lebih cerdas memilih makanan. Okelah, mungkin pergi ke ahli gizi membuat Anda merogoh kocek lebih dalam, tapi saran mereka sangat berharga.

3. Punya pola tidur tak sehat
Sebuah penelitian di Wake Forest, Amerika, menemukan bahwa orang yang berdiet tapi hanya tidur selama sekitar lima jam atau kurang,  justru berat badannya bertambah. Artinya ada korelasi antara pola tidur dan berat badan Anda. Cobalah utuk tidur selama enam hingga tujuh jam per malam.

4. Selalu minum soda
Rata-rata orang Amerika minum hampir satu liter soda setiap harinya. Sebuah penelitian menemukan bahwa minum 1-2 kaleng soda setiap hari dapat menambah berat badan Anda hingga 33 persen.

5. Makan terlalu cepat
Manusia memerlukan waktu rata-rata 20 menit untuk interaksi antara syaraf di perut dan otak kita, untuk menentukan apakah kita sudah cukup makan  atau tidak.

Menurut jurnal American Dietetic Association, orang yang makan terlalu cepat cenderung menghabiskan 66 kalori lebih banyak daripada orang yang makannya pelan. Jadi cobalah untuk mengambil suapan yang lebih kecil dan kunyahlah dengan pelan. Kalau Anda memperlambat waktu makan Anda dan mengunyah nasi dengan santai, Anda dapat mengurangi berat badan sampai 20 pound per tahun.

6. Memilih makanan siap saji (fast food)
Makanan siap saji memang selalu terlihat lebih menarik dibanding makanan yang dimasak di dapur Anda. Tapi jangan terkecoh. Hampir pasti, di kemudian hari, makanan itu akan menambah berat badan Anda.

7. Kurang minum air
Menurut riset di Universitas Utah, AS,  minum dua gelas air sebelum makan bisa membuat berat badan seseorang turun 30 persen. Penelitian lain di Jerman juga menemukan bahwa minum enam gelas air setiap hari dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh seseorang dan mengurangi sebanyak 50 kalori.

Foto

2 thoughts on “Kebiasaan yang Bisa Menambah Berat badan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s